Kamera untuk Sinema Digital

Kamera Untuk Sinema Digital



Selamat datang kalian, kali ini saya akan memberikan informasi yang mungkin beberapa dari kalian penasaran dengan seperti apa sih kamera yang akan digunakan untuk membuat digital cinema. Dalam pembuatan digital cinema diharuskan kamera yang canggih agar dapat menghasilkan gambar yang sangat memuaskan. Kamera tersebut adalah kamera digital, apa itu kamera digital dan seperti apa bentuk dari kamera digital untuk digital cinema? Kita akan bahas dalam post kali ini.


Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.


Pada tahun 2007, medium pengalihan paling umum bagi fitur yang ditayangkan secara digital adalah pita film 35 mm yang dipindai dan diproses pada resolusi 2K (2048×1080) atau 4K (4096×2160) lewat penengah digital. Kebanyakan fitur digital saat ini sudah bisa merekam pada resolusi 1920x1080 menggunakan kamera seperti Sony CineAlta, Panavision Genesis atau Thomson Viper. Kamera-kamera baru seperti Arriflex D-20 dapat menangkap gambar dengan resolusi 2K, dan kamera bernama Red One keluaran perusahaan RedDigital Cinema Camera Company dapat merekam dengan resolusi 4K. Penggunaan proyeksi 2K pada sinema digital telah mencapai lebih dari 98 persen. Baru-baru ini perusahaan Dalsa Corporations Origin mengembangkan kamera yang dapat merekam dengan resolusi 4K RAW. Selain itu, ada jenis kamera lain yang dapat merekam dengan resolusi 5K RAW seperti RED EPIC. Ada juga kamera yang dapat merekam dengan resolusi 3K RAW (untuk menyesuaikan dengan anggaran pembuat film ) seperti RED SCARLET.

Contoh dari kamera Sinema Digital:



Salah satu contoh dari Kamera Digital yang digunakan untuk membuat Sinema Digital berasal dari Perusahaan ternama dibidang Sinematografi digital serta kamera fotografi yaitu Red Digital Cinema Company. Perusahaan tersebut membuat kamera untuk sinema digital bernama Red One. Red One adalah kamera produksi pertama Red Digital Cinema pada tahun 2007. Ia mampu menangkap hingga 120 frame per detik pada resolusi 2K dan 30 frame per detik pada resolusi 4K.Nantinya upgrade ke sensor baru dengan sensor 14 megapiksel ditawarkan. Sebelum perilisannya, sutradara trilogi Lord of the Rings, Peter Jackson, sempat menjajal prototipe Red One untuk merekam sebuah film pendek. Sutradara lain, yakni Steven Soderbergh yang dikenal lewat Ocean’s Trilogy (Ocean’s Eleven, Ocean’s Twelve dan Ocean’s Thirteen), terkagum melihat hasilnya, dan memutuskan untuk ikut mencobanya.

Bagaimana? Canggih bukan? atau ingin memiliki kamera tersebut? hehe saya juga mau kalo itu. Nantikan post menarik berikutnya, terimakasih!







Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sinema_digital
https://id.wikipedia.org/wiki/Kamera_digital
https://en.wikipedia.org/wiki/Red_Digital_Cinema_Camera_Company#Red_One
https://dailysocial.id/post/apa-itu-red-camera-dan-apa-saja-keistimewaannya

Gambar dari:
https://dailysocial.id/post/apa-itu-red-camera-dan-apa-saja-keistimewaannya
https://www.bhphotovideo.com/explora/video/buying-guide/cinema-cameras-what-filmmakers-need-know
https://en.wikipedia.org/wiki/Red_Digital_Cinema_Camera_Company#Red_One

Post a Comment

0 Comments