Apa itu J2EE?

Pengertian J2EE


J2EE (Java 2 Enterprise Edition) adalah sebuah framework yang dikeluarkan oleh SUN (Stanford University Network) Microsystem yang dapat digunakan secara gratis yang telah dikenal luas di luar Indonesia sebagai basis sistem informasi perusahaan. J2EE adalah framework yang menggunakan satu bahasa pemrograman untuk banyak platform, yang lebih murah dan dapat dipertandingkan dengan framework komersial lainnya. Selain itu, time-development J2EE lebih singkat, best-practice banyak, produktif dan mempunyai komunitas yang besar.

J2EE adalah sebuah standarisasi dalam pengembangan menggunakan arsitektur distributed multi-tier, berbasis komponen modular dan dijalankan diatas server aplikasi (application sever). J2EE sering dianggap sebagai middle-ware atau teknologi yang berjalan di server, namun sebenarnya J2EE tidak hanya terbatas untuk itu. Faktanya J2EE juga mencakup teknologi yang dapat digunakan disemua lapisan dari sebuah sistem informasi. Memanfaatkan beberapa teknologi termasuk JDBC dan CORBA, sementara menukatkan fungsionalitasnya menggunakan Enterprise Java Beans, Java Server Pages dan teknologi XML. Menggunakan J2EE pengembang dapat membuat aplikasi enterprise yang portable dimana dari satu platform dengan yang lain dan scalable, sementara ia mengintegrasikan sejumlah teknologi legacy. J2EE memungkinkan integrasi dari system lama dan system baru. Gal ini didukung dengan adanya teknologi JMS (Java Messaging Sistem). Web service, Coroa dan IN!.JMS merupakan fitur yang memfasilitasi integrasi dengan system messaging yang sudah ada. Web service untuk mengintegrasikan beberapa system, sedangkan Cobra merupakan antar muka dengan code yang ditulis dalam bahasa yang berbeda yang mungkin terdapat dalam remote machine. Dan JNI untuk loading native library. Dari fitur-fitur yang telah disebutkan itulah dapat ditarik kesimpulan J2EE memiliki kelebihan dalam hal kemudahan mengintegrasikan system lama dengan system baru

J2EE menggunakan model aplikasi multi-tingkat terdistribusi untuk aplikasi perusahaan. Logika aplikasi dibagi menjadi komponen-komponen yaitu :
  1. Komponen client-tier yang berjalan dikomputer klien.
  2. Komponen web-tier yang berjalan J2EE server
  3. Komponen business-tier yang berjalan di J2EE server
  4. Software enterprise information system(EIS) yang berjalan di EIS server.



Sumber:
modul pendahuluan kursus J2EE for beginner, universitas gunadarma
http://www.catatanfadil.com/2015/03/j2ee-java-2-enterprise-edition.html

gambar:

http://www.itecksys.com/img/java-j2ee.jpg

Post a Comment

1 Comments