Pengenalan HTML

Pengenalan HTML

Belajar HTML merupakan proses pertama yang umumnya digunakan para web programmer setelah selesau mempelajari HTML, kita akan memilikin kemampuan untuk membuat halaman web statis.
apa yang dimaksud dengan file HTML? berikut ini merupakan beberapa penjelasan nya.

  • HTML merupakan kependekan dari Hyper Text markup Language.
  • sebuah file HTML merupakan sebuah file teks yang berisi tag-tag- markup.
  • tag markup memberitahukan browser bagaimana harus menampilkan sebuah halama
  • file HTML harus memiliki ekstensi htm atau html
  • file HTML dapat dibuat menggunakan editor teks yang biasa dipakai.

Jika anda ingin melihat bagaimana sebenarnya HTML, silahkan klik kanan halaman ini, lalu pilih View Page Source (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Akan tampil sebuah halaman baru yang merupakan kode HTML dari halaman ini.
HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.

HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika anda telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Saat ini versi terbaru dari HTML adalah HTML5. HTML5 berisi beberapa fitur baru, tapi tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML sebelumnya, yakni HTML 4 dan xHTML.



sumber:
Buku Pintar Pemrograman Web, Adhi Prasetyo


Post a Comment

0 Comments