Penjelasan DSP

Penjelasan DSP

Digital signal processing (DSP) adalah penggunaan pemrosesan digital, seperti komputer, untuk melakukan berbagai macam operasi pemrosesan sinyal. Sinyal yang diproses dengan cara ini adalah urutan angka yang mewakili sampel variabel kontinyu dalam domain seperti waktu, ruang, atau frekuensi. Berfungsi menerima signal dari luar seperti signal suara, video, suhu, tekanan maupun posisi yang telah dirubah menjadi signal digital dan melakukan perhitungan / proses matematik terhadap signal tersebut.

Jadi DSP adalah berguna dalam melakukan fungsi matematik seperti “ menambahkan”, “ pengurangan”, dan “mengembangkan” serta “ membagikan” dengan proses yang sangat cepat. Sinyal yang masuk membutuhkan proses sehingga dapat ditampilkan, dianalisa atau dikonversi ke jenis lain dari sinyal yang akan dapat digunakan/diperlukan. Dalam sehari-hari, produk analog mendeteksi sinyal seperti suara, cahaya, suhu, tekanan  dan memanipulasinya.

Konverter DSP mengambil alih dalam menangkap sinyal informasi digital dan memrosesnya. Kemudian, informasi digital tersebut kembali digunakan di dunia nyata. Ini salah satu cara , baik digital maupun analog dengan menggunakan konverter Digital – to – Analog. Tentunya pada kecepatan yang sangat tinggi.
Pengolahan sinyal digital dan pemrosesan sinyal analog merupakan subbagian pemrosesan sinyal. Aplikasi DSP meliputi pemrosesan audio dan ucapan, sonar, radar dan pemrosesan larik sensor lainnya, estimasi kerapatan spektral, pemrosesan sinyal statistik, pengolahan citra digital, pemrosesan sinyal untuk telekomunikasi, sistem kontrol, teknik biomedis, seismologi, antara lain.

DSP dapat melibatkan operasi linear atau nonlinier. Pengolahan sinyal nonlinier sangat erat kaitannya dengan identifikasi sistem nonlinier dan dapat diimplementasikan pada domain waktu, frekuensi, dan spatio-temporal.
Komponen utama DSP terdiri dari:
1.  Program Memory yang berfungsiuntuk menyimpan program yang digunakan untuk mengolah data.
2.    Data Memory yang berfungsi untuk menyimpan informasi untuk di proses.
3.    Compute Engine yang berfungsi untuk melakukan perhitungan/pengolahan matematik, dan data dari Data Memory.
4.    Input/Output yang berfungsi melayani berbagai fungsi untuk terhubung dengan dunia nyata.mengakses program dari program memori.










Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_signal_processing
http://abi-blog.com/apakah-dsp-itu-dan-bagian-bagian-dsp-digital-signal-processor/


Post a Comment

0 Comments