Mengenal Bahasa C

Bahasa Pemrograman C


Bahasa Pemrograman C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language), mulai dari sistem operasi (seperti Windows atau Linux), antivirus, software pengolah gambar (image processing), hingga compiler untuk bahasa pemrograman, dimana C banyak digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain yang salah satunya adalah PHP.

Pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

Setelah mengetahui apa itu bahasa c, sekarang kita akan membahas struktur pemrograman pada bahasa C terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1.    header.
2.    komentar.
3.    deklarasi konstanta dan atau variabel.
4.    Fungsi dan atau prosedur.
5.    program utama.

Header

Header file merupakan file library yang dapat kita gunakan pada saat membuat program. Dengan adanya file library ini, kita dapat memanggil fungsi yang ada pada file library tersebut sehingga tidak perlu membuat fungsi sendiri. Dan penempatan header file ini harus berada pada bagian paling atas dari source code program sesuai dengan namanya.

Komentar                                                                                      

komentar disini adalah sebagai detail, penanda, atau sebuah keterangan dari sebuah program atau fungsi yang akan kita tulis. Dalam bahasa C terdapat dua macam cara penulisan komentar. Pertama adalah "//" (tanpa tanda petik), yaitu penulisan komentar dalam lingkup satu baris saja. dan yang kedua adalah "/**/" (tanpa tanda petik), yaitu penulisan komentar untuk beberapa baris. Komentar tidak akan berpengaruh kepada hasil dari output program yang kita buat.

Deklarasi konstanta dan atau variabel

Dalam bahasa C penulisan deklarasi suatu konstanta maupun variabel ada dua macam, yang pertama adalah deklarasi kontanta dan variabel global, deklarasi yang satu ini seperti namanya (global) yaitu deklarasi yang isinya dapat kita panggil dalam jangkauan yang lebih luas. Dan yang kedua yaitu deklarasi konstanta dan variabel lokal, deklarasi ini hanya bisa diakses oleh satu program saja. 

Fungsi atau prosedur

Dalam bahasa C terdapat istilah fungsi dan prosedur, yang dimaksud disini adalah sebuah sub program atau dapat dibilang membungkus sebuah encapsulation yang membungkus program yang akan dipanggil dalam program utama nanti. Dalam pembuatan sebuah program yang memiliki fungsi banyak, atau membangun suatu program yang besar.

Program utama

program utama adalah inti dari semua pemrograman dalam bahasa C. jika tidak ada program utama maka program tidak akan bisa dijalankan dikarenakan tidak ada yang dieksekusi.

 contoh program bahasa c

Perbedaaan Bahasa C dan Bahasa C++

Perbedaan antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.




Referensi:
https://id.wikibooks.org/wiki/Pemrograman_C
http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-c-pengertian-bahasa-pemrograman-c/
https://azedocumenter.blogspot.co.id/2015/12/struktur-pemrograman-bahasa-c.html

gambar:
https://static.cdn-cdpl.com/wp-images/2016/11/C-Language-Name-768x427-image(700x350-crop).png

Post a Comment

0 Comments