Jenis-Jenis Memory Card untuk Kamera

Jenis-Jenis Memory Card untuk Kamera



Berikut ini adalah jenis-jenis memory card yang digunakan untuk kamera. Dengan mengenal jenis memory card ini, kalian dapat menyesuaikan dengan tipe kamera yang kalian miliki dan sesuai dengan kegunaannya. Terdapat 7 jenis memory card yaitu :

  • SD atau Secure Digital yang kompatibel pada semua jenis kamera digital. Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital digunakan dalam alat portabel, seperti PDAkamera digital dan telepon genggam. Kartu SD dikembangkan oleh SanDiskToshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar.

  • SDHC atau Secure Digital High Capacity, fisiknya sama dengan SD, hanya saja kapasitas penyimpanannya lebih besar. Memiliki kapasitas mulai 4GB hingga 32GB (di pakai untuk HP & tablet, bisa untuk kamera, mp4/mp3 player tapi di masukkan dulu ke adapternya)

  • SDXC atau Secure Digital Xtra Capacity, sama dengan SDHC, hanya saja kapasitasnya jauh lebih besar lagi. Yang bisa membaca memori ini biasanya komputer tertentu yang bisa membaca exFAT memori ini. kapasitas 64 GB (untuk kamera digital profesional).

  • CF atau Compact Flash, kapasitas penyimpanan lebih besar dan kualitas gambar serta video lebih jernih. Ditujukan untuk professional.

  • XD Picture atau Xtreme Digital, ditujukan untuk kamera Fuji dan Olympus milik Fujifilm. Meskipun dua merk ini sekarang juga kompatibel dengan teknologi SD/SDHC yang lebih standar.

  • Memory Stick Duo, diperuntukan untuk kamera dan ponsel merek Sony keluaran lama. Ukurannya lebih besar dari SD Card.

  • MMC atau Multi Media Card, fisiknya sama dengan SD Card, hanya tidak terdapat kunci di sisinya. Sayangnya, kapasitas penyimpanan masih rendah dan kecepatan sangat lambat.






Sumber:
http://blog.dimensidata.com/mengenal-macam-jenis-memory-card-pada-kamera-digital/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Secure_Digital
http://www.bintang-multimedia.com/2014/03/Pengertian-dan-Singkatan-Memory-Card-Micro-SD-SDHC-SDXC-UHS-1.html

Gambar:
https://images.wondershare.com/data-recovery/memory-card/recover-from-formatted-card-1.PNG




Post a Comment

0 Comments