Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bagi bangsa indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai ideologi negara atau bangsa jadi pengertian ideologi pancasila adalah kumpulan nilai/norma yang berdasarkan sila-sila pancasila. Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa indonesia yang merupakan pandangan hidup seluruh rakyat indonesia. Ideologi pancasila bersifat terbuka artinya ideologi pancasila dapat berkontribusi dengan kemajuan zaman dengan tetap berlandaskan ideologi pancasila atau nilai-nilai pancasila.


Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

  • Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh dan memelihara kesatuan dan persatuan.
  • Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya.
  • Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa Indonesia.
  • Menerangi dan mengawasi keadaan, serta kritis kepada adanya upaya untuk mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam pancasila.
  • Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan Negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.


Makna Ideologi Pancasila

Selain berkedudukan sebagai dasar Negara, pancasila juga berkedudukan sebagai Ideologi Nasional bangsa Indonesia. Sehingga makna dari ketetapan tersebut bahwa nilai-nilai yang tercantum dalam ideology pancasila menjadi cita-cita normati bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila sebagai ideology mempunyai makna sebagai berikut:
  • Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila menjadi cita-cita normative penyelenggaraan bernegara.
  • Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama dan oleh karena itu menjadi salah satu sarana pemersatu (integrasi) masyarakan Indonesia.



Sumber:
https://belajarbro.com/ideologi-pancasila-pengertian-fungsi-makna-dan-dimensi/


Post a Comment

0 Comments