Card Reader

Card Reader


Card reader adalah perangkat input data yang membaca data dari media penyimpanan berbentuk kartu. Yang pertama adalah card reader berlubang, yang membaca karton kertas atau karton yang digunakan selama beberapa dekade pertama industri komputer untuk menyimpan informasi dan program untuk sistem komputer. Card reader modern adalah perangkat elektronik yang bisa membaca kartu plastik yang disisipkan dengan kode batang, strip magnetik, chip komputer atau media penyimpanan lainnya.

Card reader memori adalah perangkat yang digunakan untuk komunikasi dengan kartu cerdas atau kartu memori. Card reader magnetik adalah alat yang digunakan untuk membaca kartu strip magnetik, seperti kartu kredit. Card reader bisnis adalah alat yang digunakan untuk memindai dan menyimpan kartu nama cetak secara elektronik.

Card Reader merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berguna untuk membaca memory card atau kartu memori (SD Card). Card Reader juga bisa diartikan sebagai perangkat kecil yang penggunaanya tersambung ke port USB untuk membaca kartu media portabel.

Card Reader ini bisa menerima format satu atau banyak kartu media, seperti SD, xD atau CompactFlash. Bila komputer kalian tidak mempunyai built-in card reader, tentunya kalian akan memerlukan card reader untuk melakukan transfer data dari kartu media kalian ke hard drive atau juga sebaliknya

Untuk kecepatan membaca serta transfer data, card reader ini mempunyai kecepatan yang begitu baik dikelasnya. Dengan kecepatan membaca rata-rata 37. 4MB/s serta kecepatan menulis rata-rata 17. 6MB/s, yang pastinya menjadikan card reader ini layak untuk kalianmiliki dalam mendukung kegiatan kalian untuk memindah atau menyalin file memory ekternal yang kalian punya.

Fungsi

Peranan card reader yaitu jadi penghubung yang tersambung pada usb laptop ataupun komputer di mana data yang tersimpan pada memory atau sebaliknya bisa melakukan aktivitas berbagi dan menerima file satu sama lain. Oleh karena itu, dengan memakai perangkat seperti ini, tentu data yang ada bisa dibuka serta dipindahkan sesuai sama keinginannya dalam beragam format.

Selain itu, fungsi card reader ini adalah sebagai alat yang bertindak sebagai piranti penyimpanan removable untuk beragam perlengkapan yang serupa dengan camera digital, camcorder, telpon seluler, pemutar audio dan sebagainya yang bisa membaca kartu memory tersebut .






Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Card_reader

http://www.komputerdia.com/2017/06/pengertian-card-reader-manfaat-dan-cara-kerja-card-reader.html

Post a Comment

0 Comments