PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN KOMPUTASI MODERN


Nama : Zaki Maulana
Kelas : 4IA18

Pengertian Komputasi Modern
Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi dengan menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1905 - 1957).
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1. Akurasi
2. Kecepatan
3. Problem Volume Besar
4. Modeling
5. Kompleksitas

Macam-macam komputasi modern adalah sebagai berikut:
1. Mobile Computing : kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contohnya yaitu smartphone dan GPS.
2. Grid Computing : menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan, dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar.
3. Cloud Computing : gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet

Contoh website untuk teknologi komputasi modern ini sangat banyak ditemukan di berbagai website sampai saat ini adalah bukalapak dan akulaku, berikut penjelasannya:

BUKALAPAK
Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Dilansir dari website resmi mereka yaitu www.bukalapak.com/about
Sejarah
Pendiri sekaligus CEO Bukalapak adalah seorang pria kelahiran Sragen yang bernama Achmad Zaky. Beliau merupakan pria kelahiran tanggal 24 Agustus 1986.
Sejak berada di bangku SMA, pria ini sudah akrab dengan komputer khususnya software. Hobinya mulai berkembang saat menduduki bangku kuliah. Lulus dari ITB, Zaky melamar pekerjaan pada 3 perusahaan namun kesemuanya ditolak.
Sejarah Bukalapak dimulai ketika Zaky Terilhami dengan sifat konsumtif masyarakat Indonesia.  Dari situ Zaky mulai merintis Bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000.
Situs Bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi wadah bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat.
Pembentukan Bukalapak memiliki misi yang mulia yakni menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut Bukalapak, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri.

Sama seperti situs marketplace yang lain, belanja di Bukalapak.com tentu memiliki kekurangan serta kelebihan. Adapun kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Bukalapak menyediakan pilihan untuk beli tanpa daftar sehingga memudahkan user yang ingin membeli barang namun tidak suka mendaftar.
  2. Tersedianya fitur pilihan ongkos kirim dari beragam ekspedisi pengiriman jasa
  3. Adanya fitur diskon pada jenis produk yang dijual. Bukalapak juga sering menyediakan promo bagi para usernya.
  4. Proses transfer yang cepat. Dana akan masuk sehari setelah data tracking menunjukkan barang sudah sampai ke pembeli
  5. Tingkat keamanan transaksi yang lebih tinggi karena adanya fitur OTP
  6. Tampilan website yang simple dan tidak berat
Selain memiliki kelebihan, marketplace ini juga memiliki kekurangan seperti berikut:
  1. Warna tema yang mencolok sehingga kurang enak dipandang (ini pendapat pribadi penulis, mungkin sebagian ada yang justru menyukainya).
  2. Sangat seringnya penjual tidak mengirimkan barang (yang dirasakan penulis), akan tetapi bukalapak bertanggung jawab dengan mengembalikan utuh dana yang sudah dibelanjakan.
  3. Adanya fitur quick buyer yang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung
Berikut ini adalah bagian dari komputasi modern yang ada di bukalapak yaitu fitur transaksi.
1.      Login bukalapak untu bisa bertransaksi, jika belum makan harus membuat akun terlebih dahulu, namun jika hanya ingin melihat barang saja tidak perlu login.
2.      Temukan barang yang di inginkan lalu terdapat 3 opsi Membeli sekarang, menambahkan ke keranjang atau menanyakan pembelinya terlebih dahulu. Seperti dibawah ini.




3.      Setelah dipastikan produk tersedia, langsung Beli Sekarang dan lengkapi alamat Anda. Jika Anda sudah membuat akun dengan benar, semestinya kolom alamat akan terisi secara otomatis. Tapi, Anda bisa menggunakan alamat yang berbeda atau memodifikasi alamat yang ada.
4.      Setelah semua rincian dilengkapi, langsung klik tombol Pilih Metode Pembayaran.

5.      Pilih jenis pembayaran yang paling mudah menurut Anda, lalu klik Bayar.


HOKBEN
Sejarah hoka hoka bento awal kemunculan pertama kali 18 april 1985 di daerah kebon kacang jakarta pusat. Dibawah naungan PT Eka Bogainti. Perusahaan tersebut didirikan oleh Hendra Arifin. HokBen menyajikan makanan bergaya Jepang yang variatif, higienis, cepat saji.
Dengan harga relatif terjangkau serta suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan HokBen sebagai restoran dengan konsep “Japanese Fast Food” terbesar di Indonesia. Pemiliknya Hendra tertarik mengembangkan restoran cepat saji ala Jepang karena masa di tahun 1985 konsep itu belum ada di Indonesia. Hendra melakukan studi banding ke Jepang kemudian membeli izin untuk menggunakan merek dan asistensi teknis Hoka Hoka Bento di Indonesia.
Di Negeri asalnya Jepang Bento adalah makanan take away (pesan ambil/bawa pulang). PT. Eka Bogainti kini memiliki hak cipta penuh atas brand HokBen. Usaha yang serupa dengan brand sama yang ada di Jepang kini sudah tak ada lagi. Walau menawarkan masakan Jepang, kepemilikan brand HokBen kini 100% dimiliki warga negara Indonesia.
Di tahun 1990 Hokben pertama kali membuka restoran di luar kota Jakarta, yaitu di Bandung. Hingga sekarang ada 23 gerai di kota tersebut. Hokben awal kali membuka gerainya di Surabaya pada tahun 2005, dan hingga sekarang terdapat 13 cabang di Surabaya. Di 2008 Hokben buka cabang pula gerainya untuk pertama kali di kota Malang. Di tahun 2010 Hokben mengekspansi usahanya ke wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali dengan begitu semakin luas saja ekspansi bisnis Hokben.
Akhirnya Hokben memiliki jaringan Call Center 1500505 pada tahun 2007 dan layanan pesan online pada tahun 2008. HokBen juga menyediakan fasilitas drive thru di beberapa gerai restorannya pada tahun 2010. antara lain: Alam Sutera (Tangerang), BSD Square (Tangerang), Harapan Indah (Bekasi) dan Polisi Istimewa (Surabaya). Kemudian pada tanggal 15 Oktober 2013 Hoka Hoka Bento hadir dengan nama baru yaitu: HokBen. Dengan tampilan, penawaran, pelayanan dan nuansa yang lebih segar juga bersahabat.

Berikut ini adalah cara pembelian produk dari website hokben
1.      Berbeda dengan bukalapak yang harus menjadi member untuk bisa memesan, di website hokben ini memiliki pilihan untuk menjadi tamu saja.

2.      Setelah itu kita bisa pilih makanan yang di inginkan dan semua akan masuk kedalam bag berisi pesanan kita

3.      Didalam bag kita di perlihatkan jumlah produk dan total harga yang kita pesan namun minimum pembelian untuk website adalah 50 ribu, kita klik proses untuk melanjutkan pesanan

4.      Dikarenakan pada saat awal memilih sebagai tamu maka harus mengisikan alamat baru untuk pengiriman






Sumber:


Post a Comment

0 Comments