Game Development Life Cycle

Game Development Life Cycle


Game developer adalah proses  menciptakan video game. Pembangunan dilakukan oleh pengembang game, yang biasa berkirsar dari satu orang ke orang bisnis yang besar. PC komersial tradisional dan konsol biasanya didanai oleh penerbit dan mengambil beberapa tahun untuk mengembangkan. game indie dapat mengambil sedikit waktu dan dapat diproduksi dengan murah oleh individu dan pengembang kecil. Industri game indie telah melihat peningkatan dalam beberapa tahun terakhir dengan pertumbuhan sistem distribusi online baru dan pasar game mobile.
Game Development Lice Cycle( GDLC) adalah tahapan-tahapan yang dilakukan secara sistematis untuk membangun sebuah game(permainan digital) yang umumnya terdiri dari 6 fase utama yaitu
1.    Inisiasi
Disinilah semuanya dimulai, Inisiasi adalah bagian di mana Anda memutuskan jenis permainan yang akan Anda buat, siapa pahlawannya, cara bermain game, dll. Ini adalah konsep permainan / permainan yang sangat mendasar.
Daftar agenda
·      Tentukan permainannya
·      Cari penerbit
·      Berguna pointer: Jawab pertanyaan ini dulu!
·      kreativitas
·      Game macam apa yang akan kamu buat?
·      Siapa pahlawan / protagonisnya?
·      Apakah itu game 2D atau 3D?
·      Apa tema?
·      Fitur apa itu?
·  Siapa pemain / pengguna potensial Anda? Jenis kelamin berapa umurnya    berapa?

2. Team Building
Pembentukan tim pada dasarnya sama dengan penempatan pegawai. Awalnya, tim yang Anda miliki mungkin terdiri dari 3 sampai 10 orang. Namun, Anda tahu bahwa Anda memerlukan otot ekstra untuk melakukan pekerjaan itu, dan pastikan seluruh tim memiliki visi yang sama dengan Anda (dengan asumsi Anda adalah pemimpin proyek).
Daftar agenda
·      Staf / perekrutan
·      Buat struktur tim
·      Mendelegasikan pekerjaan kepada anggota
·      Sinkronisasi tujuan / visi

    3.    Pra produksi
Salah satu hal terpenting sebelum terjun langsung ke kode game: Pra produksi. Sama halnya dengan perencanaan dan perancangan permainan itu sendiri.
Daftar agenda
·         Kreativitas
·         Rancang gameplay (gameplay inti, game mini, dll)
·         Tentukan seni, gaya, dan aset
·         Pilihlah mesin game dan platform target
·         Bangun prototype / mock-up / desain awal
·       Buat dokumentasi: Dokumen Desain Seni, Dokumen Desain Teknis, Dokumen   Desain Game
·         Jadwal perencanaan
4.    Produksi
Inilah saatnya menuangkan segala yang telah Anda rancang untuk menjadi sebuah permainan. Fase terpanjang dan lengkap dari pengembangan game, produksi berhubungan dengan kode permainan dan aset itu sendiri.
Daftar agenda
·            Coding (gunakan framework / engine game agar lebih mudah)
·            Buat aset (grafis dan suara)
·            Integrasikan kode sumber dan aset
·            Memberikan tonggak sejarah untuk setiap pengiriman
·            Evaluasi
·            Pertemuan

5.    Versi Alpha
Versi Alpha adalah fase dimana game itu sendiri dimainkan, namun tidak lengkap. Misalnya, jika permainan memiliki beberapa tingkat yang dapat dimainkan, ia telah mencapai versi alfa. Sebagian besar gameplay inti pasti sudah termasuk dalam game versi alpha.
Daftar agenda:
·         Pengujian alfa (pengujian oleh rekan pengembang / anggota tim lainnya)
·         Memperbaiki bug
·         Lanjutkan produksi
·         Catatan penting:

Game versi Alpha berarti keseluruhan konsep gameplay sudah diperbaiki. Tidak ada konsep gameplay yang bisa berubah setelah game dinyatakan alpha, kalau tidak itu bukan alpha. Pengujian alfa digunakan untuk memeriksa kesalahan kegunaan.
6.    Versi Beta
Versi beta adalah fase dimana semua game sudah siap. Artinya, game versi beta ini sudah full game.
Daftar agenda
·         Pengujian beta (pengujian oleh pihak ke-3)
·         Mengumpulkan umpan balik pengguna
·         Memperbaiki bug
·         Menyeimbangkan
·         Catatan penting:
Pengujian beta digunakan untuk mengekspos bug, glitch, dan exploits yang ditemui selama gameplay. Pengujian beta dapat dibagi menjadi 2 fase: beta terbuka, di mana semua penguji dapat dengan bebas bergabung untuk berpartisipasi, atau beta tertutup, di mana semua tester dipilih melalui tes / undangan.
7.    Versi Peluncuran
Saat itulah semua usaha dihargai. Versi rilis berarti game ini siap diluncurkan dan dikapalkan. Biasanya peluncuran game diadakan di pesta singkat, tapi itu sepenuhnya opsional.
Daftar agenda
·         Peluncuran game
·         Pemeliharaan!
·         Pointer berguna
Jangan hentikan pengembangan game saat diluncurkan. Software patching, memperluas permainan via update, dan perawatan menjadi hal yang penting dalam pengembangan game.
Jangan kehilangan koneksi dengan penerbit Anda. Jika proyek ini berhasil, kemungkinan besar mereka bersedia mendanai proyek baru Anda.

Rangkaian GDLC terkadang disederhanakan menjadi 3 fase utama yaitu idea/concept, development, dan deployment. Dalam fase Idea/Concept, tim peveloper akan merumuskan ide-ide dasar terkait latar belakang pembangunan sebuah game, cerita utama, spesifikasi karakter, genre game, jenis art yang digunakan, platform yang dituju, dimensi game yang akan dibuat sampai skema monetisasi game yang akan digunakan(jika ada). Biasanya, output dari fase ini adalah Game Document Design(GDD) yang akan menjadi acuan utama dalam proses erkembangan selanjutnya.

Sementara dalam fase Development, perusmusan lebih tertuju pada penetapan jadwal pengembangan game, penentuan tim yang terlibat serta tenggang waktu yang akan digunakan dalam fase pembangunan yang sudah memasukkan unsur pengujian dan penetapan tanggal rilis beta.

Fase terakhir yaitu Deployment lebih diarahkan pada teknis publikasi game pada platform yang dituju, termasuk skema persiapan patch jika gambar yang dihasilkan memiliki bug atau mengalami gangguan teknis terkait perbedaan environment platform yang dituju.

Dari ketiga fase tersebut, fase Development merupakan fase yang paling penting. Pada fase ini, seluruh hasin analisis pada GDD akan diterjemahkan ke dalam bentuk program/aplikasi game menggunakan Game Engine. Dalam hal ini, Game Engine bisa didefinisikan sebagai sebuah perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk membuat sebuah game. Game Engine umumnya mengenkapsulasi dua fungsi dasar yang berkaitan dengan Asset(gambar, suara dan film) dan Logic (fungsi-fungsi interaksi).




Sumber:
http://imedia9.net/apa-itu-game-development-life-cycle.html
https://personanonymous.wordpress.com/2013/01/06/game-development-lifecycle/


Post a Comment

1 Comments