Sejarah Joystick

Sejarah Joystick

Joystick adalah perangkat input yang terdiri dari batang yang pivot pada dasar dan melaporkan sudut atau arahannya ke perangkat yang dikontrolnya. Joystick, yang juga dikenal sebagai kolom kontrol, adalah alat kontrol utama di kokpit banyak pesawat sipil dan militer, baik sebagai stik atau tongkat samping. Seringkali memiliki tombol pelengkap untuk mengendalikan berbagai aspek penerbangan pesawat terbang.

Joystick sering digunakan untuk mengendalikan permainan video, dan biasanya memiliki satu atau lebih tombol push yang negara bagian juga bisa dibaca oleh komputer. Variasi populer dari joystick yang digunakan pada konsol video game modern adalah stick analog. Joystick juga digunakan untuk mengendalikan mesin seperti crane, truk, kendaraan tak berawak bawah laut, kursi roda, kamera pengintai, dan mesin pemotong rumput tanpa mematikan. Joystick jari yang dioperasikan dengan jari tangan telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik yang lebih kecil seperti telepon genggam.

SEJARAH

Joystick two-axis elektrik ditemukan oleh CB Mirick di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut Amerika Serikat (NRL) dan dipatenkan pada tahun 1926 (Paten AS nomor 1.597.416). " NRL secara aktif mengembangkan pesawat yang dikendalikan jarak jauh pada saat itu dan joystick Kemungkinan besar digunakan untuk mendukung usaha ini. Dalam paten yang diberikan, Mirick menulis: "Sistem kontrol saya sangat efektif dalam manuver pesawat tanpa pilot."

Jerman mengembangkan joystick dua sumbu listrik sekitar tahun 1944. Perangkat ini digunakan sebagai bagian dari sistem pemancar radio pemancar FM Funkgerät FuG 203 Kehl yang digunakan pada pesawat pengebom Jerman tertentu, yang digunakan untuk membimbing rudal anti-kapal roket yang diperkuat roket Hs 293, dan amunisi berpanduan presisi yang dipatenkan Fritz-X, terhadap sasaran maritim dan lainnya. Di sini, joystick pemancar Kehl digunakan oleh operator untuk mengarahkan rudal ke sasarannya. Joystick ini memiliki sakelar on-off daripada sensor analog. Baik Hs 293 dan Fritz-X menggunakan receiver radio FuG 230 Straßburg di dalamnya untuk mengirim sinyal kontrol Kehl ke permukaan kontrol persenjataan. Unit joystick yang sebanding digunakan untuk amunisi Amerika Azon yang bertenaga, ketat untuk mengarahkan kemudi secara lateral ke dalam sumbu yaw saja.

Penemuan Jerman ini diangkat oleh seseorang di tim ilmuwan yang berkumpul di Heeresversuchsanstalt di Peenemünde. Di sini, bagian dari tim dalam program roket Jerman mengembangkan rudal Wasserfall, varian roket V-2, rudal darat-ke-udara pertama. Peralatan kemudi Wasserfall mengubah sinyal listrik menjadi sinyal radio dan menularkannya ke rudal.

Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi meluas pada sistem pesawat model yang dikendalikan radio seperti Fly Kwik yang diproduksi oleh Phill Kraft (1964). Perusahaan Kraft Systems yang sekarang sudah tidak berfungsi akhirnya menjadi pemasok OEM joystick penting bagi industri komputer dan pengguna lainnya. Penggunaan pertama joystick di luar industri pesawat terbang yang dikendalikan radio mungkin telah di kontrol kursi roda bertenaga, seperti Permobil (1963). Selama periode ini, NASA menggunakan joystick sebagai alat kontrol sebagai bagian dari misi Apollo. Misalnya, model uji pendarat lunar dikontrol dengan joystick.

Di banyak pesawat terbang modern, misalnya semua pesawat Airbus dikembangkan dari tahun 1980an, joystick telah menerima kontrak baru untuk pengendalian penerbangan dalam bentuk "stick samping", sebuah pengendali yang serupa dengan joystick game namun digunakan untuk mengendalikan penerbangan, mengganti kuk tradisional. Sidestick menghemat berat badan, meningkatkan pergerakan dan jarak pandang di kokpit, dan mungkin lebih aman dalam kecelakaan daripada "kuk kontrol" tradisional.

FUNGSI JOYSTICK

Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :
·     Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu 
tombol.
·         Untuk megontrol permainan video.
·    Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada         kursiroda bermotor dan truk.

CARA KERJA JOYSTICK

Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.




Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Joystick
http://pcroman.blogspot.co.id/2015/11/tentang-joystick-pengertian-fungsicara.html


Post a Comment

0 Comments