Contoh Web Content Model Generative : Brainly



Model generatif merupakan salah satu model pembelajaran diusulkan oleh Osborne dan Wittrock pada tahun 1985 adalah model pembelajaran generatif karena didasarkan pada teori belajar generatif dimana pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakan dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.

Disini kita akan membahas salah satu contoh web content model generatif yaitu brainly. Mungkin sudah banyak yang tau web yang sangat dibutuhkan oleh kalangan siswa ataupun mahasiswa, dikarenakan web ini berguna untuk menambah ilmu pengetahuan. Brainly ini menggunakan model generatif dalam content yang dimilikinya, sesuai dengan pengertian model generatif sebelumnya, brainly menggunakan sistem tanya jawab serta menyimpan jawaban benar untuk jangka lama serta dapat dilihat orang banyak guna untuk pembelajaran.

Brainly adalah perusahaan teknologi pendidikan multinasional yang berbasis di Krakow, Polandia dan New York, Amerika Serikat. Brainly mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran sosial untuk siswa dan pendidik. Ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna unik setiap bulan dari lebih dari 35 negara (per Januari 2018). Situs web pertama yang diluncurkan pada tahun 2009 di Polandia dengan nama Zadane.pl. Brainly menginspirasi siswa untuk berbagi dan mengeksplorasi pengetahuan dalam komunitas kolaboratif, dan terlibat dalam bantuan pendidikan peer-to-peer. Jaringan memiliki elemen gamification dalam bentuk poin dan peringkat motivasi, dan mendorong pengguna untuk terlibat dalam komunitas online dengan mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari siswa lain.

Brainly adalah komunitas pembelajaran sosial bagi siswa yang mendorong pembelajaran kolaboratif. Ini adalah platform media sosial yang terhubung secara ketat dengan pendidikan dan pembelajaran. Ini menggunakan fitur jejaring sosial untuk menghubungkan pengguna yang ingin berbagi pengetahuan mereka dalam komunitas online. Situs ini didedikasikan untuk siswa Sekolah Menengah, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi, serta guru, orang tua dan pendidik lainnya. Brainly adalah situs web Q & A gratis yang disesuaikan untuk setiap negara operasi, tetapi menawarkan program berbayar untuk melihat jawaban yang diverifikasi, yang dipilih sendiri oleh moderator. Tujuannya adalah untuk menginspirasi siswa untuk belajar dalam lingkungan kolaboratif dan memperluas pengetahuan mereka dengan berfokus terutama pada bantuan pekerjaan rumah. Pengguna yang cerdas berasal dari lebih dari 35 negara, dan total ukuran komunitas adalah 100 juta pengguna unik setiap bulan pada bulan Januari 2017. Brainly beroperasi sebagai situs web desktop, aplikasi iOS, dan aplikasi Android.


Gambaran umum

Brainly memberikan pertanyaan dan jawaban untuk siswa yang mencari bantuan dengan tugas yang berkaitan dengan pekerjaan rumah. Mereka dapat mengirim pertanyaan ke komunitas, yang menawarkan bantuan sebagai imbalan. Pengguna dapat memposting komentar untuk setiap pertanyaan dan jawaban dan dapat dengan bebas berkolaborasi dalam masalah. Semua pertanyaan dikategorikan berdasarkan subjek, masing-masing negara dan tingkat sekolah.

Gamification

Setiap pengguna diberikan sejumlah poin tetap pada saat pendaftaran, yang dapat mereka gunakan untuk mengajukan pertanyaan. Poin terutama diperoleh dengan menjawab pertanyaan, namun ada kegiatan khusus, yang dapat menghasilkan poin tambahan bagi pengguna. Setiap responden diberikan setengah dari poin yang diberikan oleh penanya untuk setiap jawaban. Selain itu, penulis pertanyaan mendapat kesempatan untuk memilih salah satu jawaban sebagai yang terbaik (untuk penghargaan "Paling Otak"), yang memberikan penghargaan kepada penulis sekaligus menjawab pertanyaan. Situs web ini juga menampilkan peringkat (harian, mingguan, bulanan, dan triwulanan) pengguna dengan jumlah poin tertinggi yang diperoleh dengan menjawab pertanyaan masing-masing untuk kategori yang benar yang dipilih di papan peringkat. ("Pengguna Paling Otak").

Interaksi komunitas

Interaksi sosial antara pengguna terkonsentrasi di sekitar beberapa fungsi platform: sistem obrolan / pesan pribadi, bagian komentar di profil pengguna dan bagian komentar di utas pertanyaan. Sedangkan yang pertama digunakan untuk percakapan pribadi antara pengguna, dua yang terakhir digunakan untuk kolaborasi pada pertanyaan dan interaksi sosial dalam komunitas. Setiap pengguna dapat membuat jaringan koneksi mereka sendiri dengan berteman dengan pengguna lain.

 Moderator

Sekelompok pengguna di situs diberikan penunjukan khusus Moderator. Moderator bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kualitas pertanyaan, jawaban, dan interaksi sosial sangat tinggi di situs. Moderator juga membantu dan memandu pengguna melalui situs dan menjelaskan cara kerja situs. Ada daftar kontak Moderator darurat untuk pengguna yang mencoba menghubungi Moderator dengan darurat terkait situs. Ini terdiri dari "mrwhite," "Powerlifter84," "JaySL," "Dasetka," "Greenrune113," "Insidious," dan "Porshia."









Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Brainly

https://brainly.co.id/

Post a Comment

0 Comments