Perkembangan Bisnis Informatika beserta contoh


 Definisi Bisnis


Gambar 1: bisnis

Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. [1]
·       Pengertian Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi yang kegiatannya berupa menjual barang ataupun jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (Keuntungan).
·       Pengertian Bisnis Secara Historis yaitu, kata bisnis dari bahasa Inggris business, yang merupakan kata dasar dari busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam hal ini, bisnis berarti sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan.
·       Pengertian Bisnis Dalam Ekonomi Kapitalis, Bisnis dalam ekonomi kapitalis kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta, bisnis di bentuk untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan pelaku / pekerja dari sebuah bisnis tersebut akan mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.
·       Pengertian Bisnis Secara Etimologi, Bisnis secara etimologi berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.[2]
Penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:
  • Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
  • Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
  • Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.

Jenis-jenis Bisnis
Bisnis sendiri masih terdiri dari berbagai macam tipe. Sehingga akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan macam dan jenisnya dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan untuk membedakan bisnis dan macamnya adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas /kegiatan yang dilakukannya dalam hal yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.
Beberapa Macam dan Jenis Bisnis di antaranya adalah :[2]
1. Manufaktur
Bisnis Manufaktur adalah bisnis yang  kegiatan atau aktivitasnya memproduksi produk yang berasal dari barang baku / mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen, kemudian di jadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.
Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti kendaraan atau Pakaian, Elektronik, Makanan siap saji dan sebagainya.

2. Bisnis Jasa
Bisnis jasa adalah bisnis yang aktivitas atau kegiatanya menghasilkan barang intangible / Jasa yang di butuhkan konsumen, Sehingga pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.
Contoh bisnis jasa adalah konsultan, psikolog, jasa pembuatan website dan jasa lainya.

3. Bisnis Pengecer dan Distributor (Penjual) 
Bisnis Pengecer maupun distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang / produk antara produsen dengan konsumen yang juga mendapat kentungan dari Aktiviatas jual beli produk. Kebanyakan toko maupun perusahaan yang berorientasi kepada konsumen adalah distributor atau pengecer.
Contoh bisnis ini adalah seperti Warung, Toko, Agen, dan Penjualan lainya.

4. Bisnis Pertanian dan Pertambangan  
Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang kegiatan dan aktivitasnya berupa memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman, budidaya, mineral tambang, dan lainya.

5. Bisnis Finansial 
Bisnis finansial adalah Aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi dan pengelolaan modal. yang di berikan kepada pelaku usaha untuk nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha.
Saat ini banyak bisnis investasi yang tengah berkembang seperti misalnya reksadana, investasi di sebuah perusahaan, dan investasi dan penanaman modal lainya.

6. Bisnis Informasi
Bisnis informasi adalah kegiatan / aktivitas yang menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan kembali properti intelektual (intelellectual property).

7. Bisnis Utilitas
Utilitas merupakan bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti misalnya listrik dan Air atau PDAM, dan biasanya didanai oleh pemerintah setempat.

8. Bisnis Real Estate 
Bisnis real estate merupakan kegiatan / aktvitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, seperti rumah, bangunan dan lain-lain

9. Bisnis Transportasi
Bisnis transportasi adalah bisnis / kegiatan yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan konsumen. sehingga pelaku mendapat imbalan sebagai jasa
Bisnis Transportasi banyak contohnya diantaranya adalah bisnis taxi, angkutan umum, kantor pos, pengantar barang lain dan bisnis jasa transportasi lain.

Tujuan Bisnis
Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:[3]
  • Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
  • Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
  • Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  • Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.

Manfaat Bisnis
·       Memperoleh Penghargaan/Pengakuan : Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.[3]
·       Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI : Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.[3]
·       Menggaji diri sendiri : Enak bukan, anda tentukan penghasilan anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.[3]
·       Atur Waktu Anda Sendiri : Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda. Uenak bukan[3]
·       Masa Depan yang lebih cerah :Masa depan anda, bisa dikatakan anda yang atur, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan memiliki masa depan yang lebih cerah.[3]


Perkembangan Bisnis Informatika
Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Di mana, teknologi juga memiliki andil besar dalam perkembangan kehidupan manusia. Dengan banyaknya teknologi baru saat ini, muncul beberapa peluang usaha di bidang IT yang menjanjikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis dibidang informatika:[4]
1.     Web Development
Website saat ini sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Sebab, sekarang adalah eranya informasi, keterbukaan, dan kemudahan dalam komunikasi.  Ada banyak manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil, media promosi, media komunikasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, peluang untuk membuat usaha web developer saat ini sangat tepat, banyak orang yang membutuhkan mulai dari kelas pribadi, kelas bisnis, hingga kelas korporat.
2.     Startup
Startup adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis usaha dalam bidang digital. Untuk membangun sebuah startup, Anda hanya membutuhkan konsep yang matang saja. Jika Anda tidak bisa masalah pemrograman, desain, konten marketing, pemasaran, dan SEO, Anda bisa melemparkan ke orang lain yang lebih berpengalaman. Tetapi jika Anda mampu, Anda bisa melakukannya sendiri. Kemampuan utama yang harus dimiliki sebelum membuat startup yaitu pengelolaan sumber daya manusia. Contoh saja Facebook yang dulunya hanya startup kecil, kini sudah menjelma menjadi salah satu raksasa di dunia dan digunakan oleh banyak orang.

3.     Desain Grafis
Jasa desain grafis juga memiliki peluang yang besar. Tidak semua orang bisa melakukan desain walaupun sudah mempunyai aplikasinya. Harga jual untuk sebuah desain juga cukup besar tergantung skill dari desainernya. Tips agar sering mendapat klien, Anda harus memiliki banyak portfolio, tujuannya agar klien mengetahui hasil desain yang pernah Anda buat dan lebih mudah menawarkan harga kepada klien. Anda bisa mencari klien di beberapa website terkenal seperti 99designs.com, Fiverr, Sribulancer, dan lainnya.

4.     Penulis Artikel
Bagi Anda yang hobi menulis, tidak ada salahnya Anda menyalurkan hobi Anda menjadi pundi-pundi rupiah. Pekerjaan menulis ini merupakan salah satu dari ide peluang usaha bidang IT paling mudah dilakukan. Apalagi jika Anda memahami masalah SEO, maka nilai artikel Anda akan dihargai lebih. Anda bisa menawarkan keahlian menulis Anda di forum-forum atau bergabung dengan perusahaan penulis konten.

5.     SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara bagaimana menaikan website Anda berada di halaman pertama pencarian Google sehingga banyak pengunjung yang datang pada website Anda. Ilmu SEO ini masih jarang yang menguasainya, masih terbuka lebar peluang untuk membuat usaha di bidang SEO ini. Apalagi biaya dari jasa SEO ini tergolong mahal, terutama pada website yang memiliki persaingan berat.

6.     Aplikasi Mobile
Perkembangan aplikasi mobile dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, dari tahun ke tahun perkembangannya sangat signifikan. Apalagi ditambah dengan maraknya smartphone yang membuat aplikasi mobile menjadi salah satu peluang bidang IT yang sangat menggiurkan. Aplikasi mobile yang paling banyak di-download menurut data di urutan pertama adalah kategori Games (21,69%), urutan kedua kategori Education and Reference (14,6%), urutan ketiga kategori Business and Productifity (13,90%). Dari data tersebut menyebutkan bahwa games adalah aplikasi yang paling laku dan diminati saat ini, sehingga ini menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha di bidang IT yang tepat.

7.     Software
Jika aplikasi lebih cenderung ke mobile/smartphone, maka untuk software ini cenderung ke perangkat komputer. Software adalah perangkat lunak yang isinya dari bahasa pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Jika Anda memiliki kemampuan coding yang baik, maka mendirikan usaha  software house developer adalah pilihan yang tepat. Selain pasarnya masih luas, harga setiap software yang dijual biasanya memiliki harga yang mahal, sehingga masih sangat prospek untuk kedepannya.

8.     Blogger
Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, maka blogger adalah salah satu peluang usaha yang tepat untuk Anda. Anda bisa membuat blog dengan niche sesuai yang Anda kuasai. Selain kemampuan menulis, Anda harus mengerti tentang urusan domain, hosting, dan SEO agar blog Anda bisa bersaing dengan blog lain di Internet. Untuk bisa mendapatkan penghasilan, Anda bisa melakukan monetisasi (mengubah dan mengelola) blog yang Anda miliki dengan PPC Adsense, mengikuti program afiliasi, menjual slot iklan, paid to review, dan masih banyak model monetisasi lainnya.

9.     Social Media Consulting
Social media saat ini banyak sekali jenisnya, jika dulu hanya ada Friendster, maka sekarang sudah ada Facebook, Instagram, Line, Twitter, Tumblr, Path, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan peluang dari banyaknya jenis social media yang ada dengan menjadi konsultan social media. Anda bisa menawarkan jasa untuk mengoptimalkan social media untuk berbisnis, sarana promosi, membangun brand, menambah jumlah follower/teman dan masih banyak lainnya.

10.  IT Solution
IT solution adalah bidang usaha yang bergerak di bidang jasa atau penjualan alat-alat IT. Contoh usahanya seperti pemasangan CCTV, alarm keamanan, jasa service perangkat IT, penjualan software, dan lainnya. Jika Anda dapat menjalankan usaha IT solution ini keuntungannya cukup besar karena saat ini masih banyak orang yang membutuhkan jasa IT.



Perusahaan dibidang Bisnis Informatika
Amazon Web Service (AWS)

Gambar 2 : Logo Amazon Web Service(AWS)

Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 165 layanan unggulan lengkap dari pusat data secara global. Jutaan pelanggan —termasuk beberapa startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan terbesar, dan lembaga pemerintah terkemuka—mempercayai AWS untuk menggerakkan infrastruktur mereka, menjadi lebih tangkas, dan biaya lebih rendah.[5]
Diluncurkan pada tahun 2006, Amazon Web Services (AWS) mulai memaparkan layanan infrastruktur utama untuk bisnis dalam bentuk layanan web - sekarang dikenal luas sebagai komputasi awan. Manfaat utama dari cloud computing, dan AWS, adalah kemampuan untuk meningkatkan model bisnis baru dan mengubah biaya infrastruktur modal menjadi biaya variabel. Bisnis tidak perlu lagi merencanakan dan membeli server dan sumber daya TI lainnya berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelumnya. Dengan menggunakan AWS, bisnis dapat memanfaatkan keahlian Amazon dan skala ekonomis untuk mengakses sumber daya ketika bisnis mereka membutuhkannya, memberikan hasil lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah.[linkedin]
AWS menyediakan layanan untuk berbagai aplikasi termasuk komputasi, penyimpanan, database, jaringan, analisis, machine learning dan kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), keamanan, serta pengembangan, penerapan, dan manajemen aplikasi.
Selain memiliki jangkauan layanan terbesar, AWS juga memiliki fungsi terdalam di dalam layanan tersebut. Sebagai contoh, Amazon EC2 menawarkan lebih banyak jenis dan ukuran instans komputasi dibandingkan penyedia lainnya, termasuk instans GPU paling kuat untuk beban kerja machine learning. AWS juga memiliki lebih dari dua kali lipat jumlah layanan database dibandingkan siapa pun, dengan sebelas penawaran database relasional dan nonrelasional. Dan, AWS memiliki cara menjalankan kontainer paling banyak, dengan Amazon Elastic Container Service (ECS), Amazon Elastic Container Service for Kubernetes (EKS), dan AWS Fargate.
Pilihan layanan yang luas dan fungsionalitas yang mendalam ini membuatnya lebih mudah, lebih cepat, dan lebih hemat biaya untuk memigrasikan aplikasi Anda yang sudah ada ke cloud dan membangun hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan.
Pada tahun 2006, Amazon Web Services (AWS) mulai menawarkan layanan infrastruktur TI untuk bisnis dalam bentuk layanan web -- kini umumnya dikenal sebagai komputasi cloud. Salah satu manfaat utama dari komputasi cloud adalah kesempatan untuk menggantikan modal uang muka untuk biaya infrastruktur modal awal dengan biaya variabel rendah yang dapat ditingkatkan bersama bisnis Anda. Dengan Cloud, bisnis tidak perlu lagi merencanakan dan membeli server serta infrastruktur TI lainnya dalam waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelumnya. Sebaliknya, mereka dapat langsung menjalankan ratusan atau ribuan server dalam hitungan menit dan memberikan hasil dengan lebih cepat.
Saat ini, Amazon Web Services menyediakan platform infrastruktur yang sangat andal, dapat ditingkatkan, dan berbiaya rendah di cloud yang mendukung ratusan ribu bisnis di 190 negara di seluruh dunia. Dengan pusat data yang terletak di A.S., Eropa, Brasil, Singapura, Jepang, dan Australia, pelanggan di seluruh industri dapat mengambil keuntungan dari manfaat berikut:
AWS menawarkan harga yang rendah dan bayar setelah Anda beroperasi tanpa biaya uang muka atau komitmen jangka panjang. Kami dapat membangun dan mengelola infrastruktur global dalam format yang dapat ditingkatkan, dan memberikan penghematan biaya bagi Anda dalam bentuk harga yang lebih rendah. Dengan efisiensi kemampuan untuk peningkatan dan keahlian yang kami tawarkan, kami telah berhasil menurunkan harga pada 15 kesempatan berbeda selama empat tahun terakhir.
AWS menyediakan infrastruktur cloud global besar yang memungkinkan Anda untuk berinovasi, bereksperimen, dan mengiterasi dengan cepat. Bukannya menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk perangkat keras, Anda dapat langsung menerapkan aplikasi baru, meningkatkan skala dengan cepat ketika beban kerja Anda bertambah, dan menurunkan skala dengan cepat berdasarkan kebutuhan Anda. Apakah Anda memerlukan satu atau ribuan server virtual, apakah Anda memerlukannya selama beberapa jam atau 24/7, Anda tetap hanya membayar sesuai penggunaan Anda.
AWS merupakan bahasa dan platform agnostik sistem operasi. Anda memilih platform pengembangan atau model pemrograman yang membuat bisnis Anda jadi lebih sesuai dengan tujuannya. Anda dapat memilih layanan yang Anda gunakan, satu atau beberapa, dan pilih bagaimana Anda menggunakannya. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk berfokus pada inovasi, dan bukan infrastruktur.
AWS merupakan platform teknologi yang aman dan andal dengan sertifikasi dan audit yang terkenal di industri ini: PCI DSS Level 1, ISO 27001, FISMA Moderate, FedRAMP, HIPAA, dan laporan audit SOC 1 (sebelumnya dirujuk sebagai SAS 70 dan/atau SSAE 16) dan SOC 2. Layanan dan pusat data kami memiliki beberapa lapis keamanan operasional dan fisik untuk memastikan integritas dan keamanan data Anda.

Cakupan Jenis Barang / Jasa yang ditawarkan
Banyak sekali produk yang di tawarkan dari amazon aws ini, dilansir dari website resmi aws.amazon.com terdapat 23 sub produk yang ditawarkan disini, yaitu:
[5]


·       Compute
·       Storage
·       Database
·       Migration
·       Networking & Content Delivery
·       Mobile Services
·       Developer Tools
·       Management Tools
·       Security, Identity & Compliance
·       Analytics
·       Application Services
·       Messaging
·       Internet of Things
·       Support
·       Machine Learning
·       Game Development
·       Media Service



Lingkup Perusahaan
AWS Cloud tersebar di 69 Availability Zone dalam 22 Wilayah geografis di seluruh dunia, dengan rencana yang diumumkan untuk 9 Availability Zone lainnya dan tiga Wilayah tambahan di Cape Town, Jakarta, dan Milan.
AWS menyediakan jejak global yang lebih ekstensif dibandingkan dengan penyedia cloud lainnya, dan membuka Wilayah baru lebih cepat daripada penyedia lainnya. Untuk mendukung jejak globalnya serta memastikan pelanggan terlayani di seluruh dunia, AWS memelihara beberapa wilayah geografis, termasuk Wilayah di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah. Saat ini terdapat 22 wilayah geografis, satu wilayah lokal, dan bahkan lebih banyak lagi yang sedang beroperasi.
Setiap Wilayah AWS menyediakan redundansi dan konektivitas penuh ke jaringan. Tidak seperti penyedia cloud lainnya yang menetapkan wilayah sebagai pusat data tunggal, Wilayah AWS terdiri dari beberapa Availability Zone (AZ) (biasanya 3), masing-masing merupakan partisi infrastruktur AWS yang terisolasi penuh yang terdiri dari pusat data diskret, setiap AZ juga dilengkapi dengan daya, jaringan, dan konektivitas yang melimpah, dan ditempatkan di fasilitas terpisah.
Berikut ini adalah cakupan wilayah dari amazon aws dilansir dari https://aws.amazon.com/cloudfront/features/  yaitu :
·       North America
Edge locations: Ashburn, VA (6); Atlanta, GA (5); Boston, MA (3); Chicago, IL (7); Dallas/Fort Worth, TX (6); Denver, CO (2); Hayward, CA; Hillsboro, OR (2); Houston, TX (4); Jacksonville, FL; Los Angeles, CA (5); Miami, FL (3); Minneapolis, MN; Montreal, QC; New York, NY (3); Newark, NJ (5); Palo Alto, CA; Philadelphia, PA; Phoenix, AZ (2); Salt Lake City, Utah; San Jose, CA (2); Seattle, WA (4); South Bend, IN; Toronto, ON (2)
Regional Edge caches: Virginia; Ohio; Oregon
·       Europe
Edge locations: Amsterdam, The Netherlands (2); Berlin, Germany (2); Copenhagen, Denmark; Dublin, Ireland; Frankfurt, Germany (8); Helsinki, Finland; Lisbon, Portugal; London, England (9); Madrid, Spain (2); Manchester, England (2); Marseille, France; Milan, Italy; Munich, Germany (2); Oslo, Norway; Palermo, Italy; Paris, France (5); Prague, Czech Republic; Stockholm, Sweden (3); Vienna, Austria; Warsaw, Poland; Zurich, Switzerland (2)
Regional Edge caches: Frankfurt, Germany; London, England
·       Asia
Edge locations: Bangalore, India (3); Chennai, India (2); Hong Kong, China (3); Hyderabad, India (4); Kuala Lumpur, Malaysia; Mumbai, India (2); Manila, Philippines; New Delhi, India (5); Osaka, Japan; Seoul, South Korea (4); Singapore (3); Taipei, Taiwan(3); Tokyo, Japan (12)
Regional Edge caches: Mumbai, India; Singapore; Seoul, South Korea; Tokyo, Japan
·       Australia
Edge locations: Melbourne; Perth; Sydney (2)
Regional Edge caches: Sydney
·       South America
Edge locations: São Paulo, Brazil (2); Rio de Janeiro, Brazil (3)
Regional Edge caches: São Paulo, Brazil
·       Middle East
Edge location: Dubai, United Arab Emirates; Fujairah, United Arab Emirates; Manama, Bahrain; Tel Aviv, Israel
·       Africa
Edge locations: Johannesburg, South Africa; Cape Town, South Africa
·       China
Edge locations: Beijing; Shenzhen; Shanghai; Zhongwei

Karyawan
Berdasarkan www.linkedin.com/company/amazon-web-services/ terdapat 48,355 karyawan yang tersebar diberbagai negara: berikut ini[6]

Gambar 3 : jumlah karyawan di berbagai negara

Omzet Perusahaan
Untuk tahun 2018 penuh, AWS menghasilkan $ 25,7 miliar, naik 47% pada tahun 2017. Dilansir dari https://qz.com/1539546/amazon-web-services-brought-in-more-money-than-mcdonalds-in-2018/


Gambar 4 :Statistik Pendapatan Amazon Web Service (AWS)

Informasi Penting Lainnya
Amazon Web Services (AWS) akan membuka region infrastruktur di Indonesia di akhir 2021 atau awal 2022. AWS Asia Pacific (Jakarta) Region itu menjadi AWS Region ke-9 di Asia Pasifik, bersama Beijing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, dan Hong Kong SAR yang segera akan dibuka.
Saat ini AWS menghadirkan 61 Availability Zone di 20 region infrastruktur di seluruh dunia, dengan 12 Availability Zone lagi di empat AWS Region di Bahrain, Hong Kong SAR, Italia, dan Afrika Selatan yang akan online pada semester pertama 2020.
"Cloud memiliki kekuatan mentransformasi perusahaan, lembaga pendidikan dan badan pemerintah di seluruh Indonesia, dan dengan satu region AWS baru hadir di Asia Pasifik, kami harap dapat membantu mempercepat transformasi tersebut," kata Peter DeSantis, Vice President of Global Infrastructure and Customer Support, Amazon Web Services dalam keterangannya.





Sumber:
[1]        http://www.ambyaberbagi.com/2016/01/pengertian-bisnis-jenis-dan-macam.html
[2]        https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html
[3]        ngelmu.id/pengertian-bisnis/
[4]   https://www.jurnal.id/id/blog/2018-10-ide-peluang-usaha-bidang-it-yang-paling-menguntungkan/
[5]        https://aws.amazon.com/
[6]        https://www.linkedin.com/company/amazon-web-services/


Gambar:
[1]        maxmanroe.com
[2]        https://aws.amazon.com/
[3]        https://www.linkedin.com/company/amazon-web-services/people/
[4]        https://www.theatlas.com/charts/HycLk--VV


Post a Comment

0 Comments