Instalasi Ubuntu Server dengan VirtualBox

INSTALASI UBUNTU SERVER DENGAN VIRTUALBOX



Halo semua, kali ini saya akan berbagi informasi cara instalasi salah satu server yaitu ubuntu server dengan virtualbox. Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sedangkan yang akan kita instal adalah ubuntu yang didesain untuk di install di server. Perbedaan mendasar, di Ubuntu Server tidak tersedia GUI.
Sebelum mulai instalasi, saya harap kalian sudah memiliki beberapa software untuk proses kali ini yaitu:

       ·        VirtualBox (sudah terinstall + versi terbaru)
       ·        Ubuntu Server 18.04.3 LTS
       ·        PC / LAPTOP
       ·        Kopi + kuaci (PENTING)

Jika sudah siap, mari kita mulai!

1.           Buka virtualbox kalian, klik new lalu buat nama sesuai keinginan, kemudian klik next.



       2.      Setelah itu tentukan ram yang akan digunakan, disini saya menggunakan 2 gb ram, namun 512 mb sudah cukup jika ram kalian kurang.

 

      3.      Kemudian pilih create virtual hard disk now – create -pilih VDI – next pilih Dynamically allocated- next.

      4.      Setelah itu kita atur ukuran untuk penyimanan ubuntu server ini, disini saya menggunakan 10 gb saja.

     5.      Kita telah selesai membuat virtualnya, namun belon cukup sampai disini, kita belum menginstall ubuntu server, kita akan mengatur virtual ini dengan menekan tombol setting kemudian ke bagian penyimpanan dan kita akan memasukkan file ubuntuserver.iso yang sudah kalian siapkan sebelumnya. Pilih optical drive bergambar kaset biru kemudian pilih file iso ditempat kalian menyimpannya.


    6.      Berhubung ini adalah ubuntu server pastinya kita butuh jaringan, kita akan atur jaringan pada setting di bagian “Network”. Disini sebagai contoh saya ingin menghubungkan OS guest (ubuntu server) ke OS asli (windows) berarti jaringan yang akan saya pilih adalah host only adapter, untuk sesama mesin virtual pilih internal. Lalu klik OK


      7.      Oke jika sudah, mari kita jalankan virtual tersebut untuk install ubuntu server dengan klik tombol start dan tunggu agar virtual machine berjalan dan akan muncul tampilan untuk memilih bahasa, saya pilih “English” lalu enter.


    8.      Tekan enter sampai muncul tampilan ini. Kita akan menggunakan seluruh hard disk(virtual). Pilih hard disk dan tekan enter.


     9.      Akan muncul tampilan untuk memeriksa kembali apa yang sudah kita pilih sebelum mulai instalasi, jika kalian sudah yakin, kita pilih continue dan kita isi profile kita. Jgn sampai lupa dengan password kalian ya.
      10.   Kita akan menunggu instalasi sistem dan jika sudah akan muncul tampilan seperti ini.
      11.   Pilih reboot dan enter. ubuntu server kalian akan merestart. Jika sudah selamat anda sudah dapat menggunakan ubuntu server, silahkan login dengan username dan password kalian 😊



 okee sekian dari saya tutorial ini, semoga bermanfaat untuk yang membacanya. terimakasih!




Sumber:
http://www.candra.web.id/mengenal-ubuntu-server/
https://ubuntu.com/download/server

Post a Comment

0 Comments