Sekilas tentang ADOBE PREMIERE PRO

Sekilas tentang ADOBE PREMIERE PRO


     Sekarang ini banyak orang yang meng-upload video mereka dengan dengan hasil video yang sangat memuaskan, salah satunya  di YouTube. Para Youtubers diluar sana saling berlomba untuk membuat berbagai video menarik agar lebih banyak lagi yang menonton video mereka. Untuk meng-edit video kalian dapat menggunakan salah satu aplikasi yang cukup terkenal yaitu ADOBE PREMIERE PRO, yang dapat memenuhi keinginan kalian dalam mengeluarkan kreativitas kalian.

      Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa adobe premiere pro merupakan salah satu aplikasi yang digunakan dalam pembuatan digital cinema. Nah seperti apa sih aplikasi keren yang satu ini, simak penjelasan berikut.

Pengertian Adobe Premiere Pro      


Adobe Premiere Pro adalah sebuah program penyunting Video berbasis non-linear editor (NLE) dari Adobe Systems. Itu adalah salah satu produk software dari Adobe Creative Suite, tetapi juga bisa dibeli sendirian. Bahkan kalau dibeli sendirian, itu termasuk Adobe Encore dan Adobe OnLocation. Walaupun yang dua versi pertama hanya tersedia untuk Windows, versi CS3 tersedia baik untuk Windows maupun Mac OS X. CS3 tersedia dalam Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, Bahasa Italia, dan Bahasa Spanyol.

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi yang berada dibidang pengolah video yang biasanya digunakan bagi kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen nih seperti kalian ingin mencoba hal baru hehe. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, dan Pertelevisian. Nah meskipun memang dianggap sebagai aplikasi untuk kalangan professional bukan berarti para pemula tidak dapat menggunakan aplikasi ini, banyak tutorial yang akan mengajarkan kalian untuk belajar menggunakan Premiere pro ini. Memang pada awalnya sulit untuk mempelajarinya namun jika memang terdapat keinginan pasti akan dapat dengan cepat mempelajarnya.

Sejarah Adobe Premiere Pro

Premiere Pro merupakan penerus yang dirancang ulang untuk Adobe Premiere, dan diluncurkan pada tahun 2003. Premiere Pro dirilis pada tahun 2003, sedangkan Premiere mengacu pada rilis sebelumnya. Premiere adalah salah satu dari NLEs pertama berbasis komputer (sistem editing non-linear), dengan rilis pertama pada Mac pada tahun 1991. Sampai versi Premiere Pro 2.0 (CS2), kemasan perangkat lunak menampilkan galloping horse, karya Eadweard Muybridge, "Sallie Gardner at a Gallop".

Fitur yang dimiliki


Premiere Pro mendukung editing video berkualitas tinggi di hingga 4K x 4K resolusi, di hingga 32-bit per channel warna, baik dalam dan RGB YUV. Audio-contoh tingkat mengedit, VST audio plug-in mendukung, dan 5,1 surround sound pencampuran tersedia untuk audio fidelity tinggi. Premiere Pro dari arsitektur plug-in memungkinkan untuk impor dan ekspor format diluar dari kendala atau QuickTime DirectShow, mendukung berbagai jenis file audio dan video format dan codec pada kedua MacOS dan Windows.

Integrasi

Premiere Pro diintegrasikan dengan berat Adobe After Effects, sebuah standar industri untuk motion grafis dan compositing. Komposisi dari Setelah Efek dapat diimpor ke Premiere Pro dan diputar ulang secara langsung pada waktu. Setelah Efek komposisi yang dapat diubah, dan kembali setelah beralih ke Premiere Pro, klip akan segera diperbaharui dengan perubahan. Demikian pula, proyek Premiere Pro dapat diimpor ke Setelah Efek. Klip dapat disalin antara dua aplikasi sambil melestarikan klip atribut. Premiere Pro juga mendukung banyak Setelah Effects plug-in.









Premiere Pro juga terintegrasi dengan baik dengan Adobe Photoshop. Photoshop file dapat dibuka langsung dari Premiere Pro yang akan diedit di Photoshop. Setiap perubahan akan segera diperbarui bila Photoshop file yang disimpan dan fokus kembali ke Premiere Pro. 

Ada integrasi fungsi-fungsi lainnya, seperti Edit dalam Adobe Soundbooth, Ekspor ke Encore, dan mengungkapkan dalam Bridge. Dan jika kalian ingin export ke digital cinema package silahkan kunjungi ke sini

Keuntungan yang dimiliki


Entri level versi, Adobe Premiere Elements, tersedia untuk pasar konsumen pada Windows. Beberapa tokoh kelebihan Premiere Pro lebih Premiere Elements adalah beberapa urutan mendukung, tingginya sedikit mendalam rendering, multicamera mengedit, waktu remapping, lingkup, alat koreksi warna, audio mixer antarmuka, dan bezier keyframing. Premiere Pro Encore termasuk juga untuk lebih rumit dan DVD authoring menu Blu-ray Disc authoring, dan OnLocation untuk direct-to-disk rekaman.


Referensi:

Post a Comment

0 Comments