Apa itu GPU?

Apa itu GPU?



Unit pemroses grafis atau Graphics processing unit atau GPU (atau biasa juga disebut visual processing unit atau VPU) adalah sebuah prossesor khusus untuk untuk bagian grafis 3D dari microprocessor. Alat ini digunakan di sistem benam, telepon genggam, komputer pribadi, workstation, dan konsol game. GPU Modern sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih efektif dari fungsi umum CPU yang digunakan untuk bebagai perhitungan alogaritma. Pada komputer pribadi (PC), GPU biasanya terdapat di video card atau di motherboard. Lebih dari komputer desktop dan notebook mempunyai GPU yang terintegrasi, yang biasanya jauh daripada yang ada di video card.
Istilah GPU dipopulerkan oleh Nvidia pada tahun 1999, yang memasarkan GeForce 256 sebagai "GPU pertama di dunia", atau Graphics Processing Unit, walaupun istilah tersebut telah digunakan setidaknya sejak tahun 1980an. Ini dipresentasikan sebagai "prosesor single-chip dengan integrated transform, lighting, triangle setup / clipping, dan rendering engines". Rival ATI Technologies menciptakan istilah "unit pengolah visual" atau VPU dengan rilis Radeon 9700 pada tahun 2002.
Di sebuah komputer, ada dua bentuk utama GPU. Masing-masing memiliki banyak sinonim
Dedicated graphics card – atau disebut diskrit.
Integrated graphics – disebut juga : shared graphics solutions, integrated graphics processors (IGP), or unified memory architecture (UMA).
Kebanyakan GPU dirancang untuk penggunaan khusus, grafis 3D real-time atau perhitungan massa lainnya:

1.   Gaming
·         GeForce GTX
·         nVidia Titan X
·         Radeon HD
·         Radeon RX
2.   Cloud Gaming
·         nVidia Grid
·         Radeon Sky
3.   Workstation
·         nVidia Quadro
·         nVidia Titan X
·         AMD FirePro
·         Radeon Pro
4.   Cloud Workstation
·         nVidia Tesla
·         AMD FireStream
5.   Artificial Intelligence Cloud
·         nVidia Tesla
·         Radeon Instinct
6.   Automated/Driverless car
·         nVidia Drive PX


Dedicated graphics cards (kartu grafis yang berdiri sendiri atau Add on)

GPU dari kelas yang paling kuat biasanya dengan bentuk yang bisa ditancapkan pada sebuah slot ekspansi di motherboard seperti PCI Express (PCIe) atau Accelerated Graphics Port (AGP) dan biasanya dapat diganti atau ditingkatkan dengan mudah, dengan asumsi bahwa motherboard itu mampu mendukung upgrade kartu grafis. Beberapa kartu grafis masih menggunakan slot Peripheral Component Interconnect (PCI), namun karena bandwidth mereka yang sangat terbatas sehingga umumnya dipakai hanya ketika slot PCIe dan AGP tidak tersedia.
Namun sebuah Dedicated GPU belum tentu dapat dilepas, juga tidak selalu memiliki bentuk yang cocok dengan motherboard model standar. Istilah “dedicated” sebenarnya mengacu pada istilah kartu grafis yang memiliki RAM sendiri, buka pada istilah kartu grafis yang bisa dilepas dan dipasang.
Teknologi seperti SLI buatan Nvidia dan Crossfire buatan ATI memungkinkan dua GPU untuk digunakan menggambar sebuah gambar tunggal, yang meningkatkan daya pengolahan yang tersedia untuk grafis.
Integrated graphics solusions (solusi kartu grafis yang terintegrasi)

Solusi kartu grafis terintegrasi, berbagi kartu grafis, atau Integrated graphics processors (IGP) merupakan kartu grafis yang memanfaatkan sebagian dari RAM sistem komputer. Kartu grafis ini terintegrasi ke dalam motherboard. Pengecualian untuk AMD IGPs yang menggunakan sideport memori khusus pada motherboard tertentu, dan APUS, dimana mereka terintegrasi dengan CPU. Solusi kartu grafis terintegrasi ini lebih murah untuk diterapkan dari pada kartu grafis yang berdiri sendiri, namun cenderung tidak memiliki kinerja yang tinggi. Secara historis, kartu grafis terintegrasi sering dianggap tidak layak untuk memainkan game 3D atau menjalkan program grafis yang intesif, namun masih bisa menjalankan program olah grambar yang tidak begitu intensif seperti Adobe Flash. COntoh IGPs itu buatan dari SIS dan VIA pada sekitar 2004. Namun untuk kartu grafis terintegrasi yang lebih modern seperti AMD Fusion dan INtel HD graphics lebih mampu menangani grafis 2D dari adaobe flash atau grafis 3D tingkat rendah. Sampai saat ini produsen kartu grafis masih terus meningkatkan kemampuan kartu grafis terintegrasi.

Hybrid solutions (solusi grafis hibrida)
Ini merupakan GPU kelas baru yang bersaing dengan grafis terintegrasi untuk komputer desktop kelas bawah dan notebook. Implementasi yang paling umum dari Hybrid solutions adalah ATI HyperMemory dan TurboCache Nvidia. Kartu grafis hybrid sedikit lebih mahal dari kartu grafis terintegrasi namun lebih murah dari pada kartu grafis addon atau dedicad graphics card. Kartu Grafis Hybrid akan berbargi memori dengan motherboard namun memiliki cache memori kecil yang berdiri sendiri.






Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Graphics_processing_unit
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-gpu-dan-vpu-graphics-processing-unit/


Post a Comment

0 Comments