Teori permainan evolusioner

Teori permainan evolusioner

Teori permainan evolusioner atau Evolutionary game theory (EGT) adalah penerapan teori permainan untuk berkembangnya populasi biologi. Ini mendefinisikan kerangka kontes, strategi, dan analisis dimana persaingan Darwin dapat dimodelkan. Ini berasal pada tahun 1973 dengan formasi kontes John Maynard Smith dan George R. Price, dianalisis sebagai strategi, dan kriteria matematis yang dapat digunakan untuk memprediksi hasil strategi bersaing.

Teori permainan evolusioner berbeda dari teori permainan klasik dalam memusatkan perhatian lebih pada dinamika perubahan strategi. Hal ini dipengaruhi oleh frekuensi strategi bersaing dalam populasi.

Teori permainan evolusioner telah membantu menjelaskan dasar perilaku altruistik dalam evolusi Darwin. Hal ini pada gilirannya menjadi menarik bagi para ekonom, sosiolog, antropolog, dan filsuf.

Mengadaptasi teori game ke game evolusioner

Maynard Smith menyadari bahwa versi evolusi teori permainan tidak mengharuskan pemain untuk bertindak secara rasional - hanya bahwa mereka memiliki strategi. Hasil dari sebuah permainan menunjukkan seberapa bagus strategi itu, sama seperti evolusi menguji strategi alternatif untuk kemampuan bertahan dan bereproduksi. Dalam biologi, strategi secara genetik diwariskan sifat yang mengendalikan tindakan individu, analog dengan program komputer. Keberhasilan strategi ditentukan oleh seberapa bagus strateginya dengan strategi bersaing (termasuk dirinya sendiri), dan frekuensi strategi tersebut digunakan. Maynard Smith menggambarkan karyanya dalam bukunya Evolution and the Theory of Games.
Peserta bertujuan untuk menghasilkan replika sebanyak mungkin yang mereka bisa, dan hasilnya setara dengan unit kebugaran (relatif layak untuk dapat diproduksi ulang). Itu selalu merupakan permainan multi pemain dengan banyak pesaing. Aturannya meliputi dinamika replikator, dengan kata lain bagaimana pemain bugar akan menelurkan lebih banyak replika diri mereka ke dalam populasi dan bagaimana kurang cocok akan dimusnahkan, dalam persamaan replika. Dinamika dinamika model replika hereditas tapi bukan mutasi, dan mengasumsikan reproduksi aseksual demi kesederhanaan. Permainan dijalankan berulang-ulang tanpa syarat penghentian. Hasil meliputi dinamika perubahan populasi, keberhasilan strategi, dan keadaan ekuilibrium yang dicapai. Tidak seperti teori permainan klasik, pemain tidak memilih strategi mereka dan tidak dapat mengubahnya: mereka dilahirkan dengan strategi dan keturunan mereka mewarisi strategi yang sama.
EGT mencakup evolusi Darwin, termasuk kompetisi (permainan), seleksi alam (dinamika replika), dan faktor keturunan. EGT telah berkontribusi dalam memahami pemilihan kelompok, seleksi seksual, altruisme, perawatan orang tua, ko-evolusi, dan dinamika ekologi. Banyak situasi kontra-intuitif di bidang ini telah diletakkan di atas landasan matematika perusahaan dengan menggunakan model-model ini.

Cara umum untuk mempelajari dinamika evolusioner dalam permainan adalah melalui persamaan replikator. Ini menunjukkan tingkat pertumbuhan proporsi organisme dengan menggunakan strategi tertentu dan tingkat itu sama dengan perbedaan antara hasil rata-rata strategi itu dan hasil rata-rata populasi secara keseluruhan. Persamaan replikator kontinu mengasumsikan populasi tak terbatas, waktu kontinu, pencampuran lengkap dan strategi berkembang biak benar. Penarik (titik tetap stabil) dari persamaan ekuivalen dengan keadaan stabil evolusioner. Strategi yang bisa bertahan dari semua strategi "mutan" dianggap stabil evolusioner. Dalam konteks perilaku hewan, ini biasanya berarti strategi semacam itu diprogram dan sangat dipengaruhi oleh genetika, sehingga membuat strategi pemain atau organisme ditentukan oleh faktor biologis ini.

Permainan evolusioner adalah objek matematika dengan aturan, imbalan, dan perilaku matematika yang berbeda. Setiap "permainan" mewakili berbagai masalah yang harus dihadapi organisme, dan strategi yang mungkin mereka gunakan untuk bertahan dan bereproduksi. Permainan evolusioner sering diberi nama dan sampul warna-warni yang menggambarkan situasi umum dari permainan tertentu. Permainan perwakilan meliputi burung elang-burung merpati, perang gesekan, perburuan rusa, penghancur produser, tragedi para pedagang, dan dilema narapidana. Strategi untuk game ini meliputi Hawk, Dove, Bourgeois, Prober, Defector, Assessor, dan Retaliator. Berbagai strategi bersaing di bawah peraturan permainan tertentu, dan matematika digunakan untuk menentukan hasil dan perilaku.








Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Evolutionary_game_theory

Post a Comment

0 Comments