Teknologi Artificial Intelligence pada Game (Tugas Softskill 1 : Pengantar Teknologi Game)


Teknologi Game



Kata teknologi sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya didalam dunia.


Kemudian secara umum game merupakan suatu bentuk permainan. Yaitu permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.Game tidak terbatas pada barang elektronik. Game online adalah suatu bentuk permainan yang dihubungkan melalui jaringan internet.


Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.


Menurut Eddy Liem, Direktur Indonesia Gamer, sebuah komunitas pecinta game di Indonesia, internet game adalah sebuah game atau permainan yang dimainkan secara online via internet, bisa menggunakan PC (personal computer), atau konsol game biasa seperti PS2, X Box, dan sejenisnya. (Kompas cyber media, 14 November 2003). Jadi, yang dimaksud dengan games online adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan sambungan internet melalui jaringan komputer (computer network), bisa menggunakan PC (personal computer), atau konsol game biasa, dan biasanya dimainkan oleh banyak pemain dalam waktu yang bersamaan dimana antar pemain bisa saling tidak mengenal.



Pengertian Unity 3D



Unity 3D merupakan game engine sebuah software pengolah gambar, grafik, suara, input, dan lain-lain yang ditujukan untuk membuat suatu game, meskipun tidak selamanya harus untuk game. Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Unity adalah sebuah tool yang terintegerasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.


Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark sesudah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk menciptakan sebuah engine yang sanggup dipakai oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies menerima proteksi dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.

Dengan Unity 3D kita dapat membuat game 3D, FPS dan 2d game bahkan Game Online, fitur - fitur lain tentang Unity berikut selengkapnya :



1. Membuat Game 2D / 3D

2. Membuat Game FPS

3. Membuat Game Online.

4. Dukungan Konversi : Mobile Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash, Webplayer

5. Online Publish Google Play, Android market

6. Dukungan kode : C#, Javascript dan Boo

7. Dukungan Extensi file, 3ds, obj, fbx

8. Dll



Pengertian Desain Skenario dan Script


Desain dan Skenario


Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.

Script


Script merupakan sebuah program atau urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.

Pengertian dan macam - macam Artificial Intelegent pada game



kecerdasan buatan adalah ilmu membuat mesin cerdas yang melakukan tugas dengan baik, atau lebih baik dan lebih cepat daripada manusia. Kecerdasan dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengambil tindakan, atau menyelesaikan masalah layaknya manusia menggunakan kecerdasannya. Atau secara umum dapat dikatakan ai merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.

Lingkup penelitian Artificial Intelligence meliputi banyak aspek kemampuan kecerdasan manusia seperti penalaran, pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, pemrosesan bahasa alami, hingga kemampuan untuk memanipulasi objek. Akhirnya, Artificial Intelligence diharapkan bisa menjadi sebuah mesin yang benar-benar memiliki kecerdasan umum layaknya manusia.


Menurut para ahli :


H. A. Simon [1987] :

“Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah-cerdas”

Rich and Knight [1991]:

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”

John McCarthy [1956] :

“mengetahui dan memodelkan proses –proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.”


Artificial Intelligence banyak pengelompokkannya. Pengelompokkan AI adalah sebagai berikut:


  • Expert System, yaitu komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer meniru kemampuan pakar untuk menyelesaikan masalah
  • Natural Language Processing, yaitu komputer di program agar manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan lainnya.
  • Speech Recognition, yaitu manusia dapat berkomunikasi dengan komputer melalui suara.
  • Robotic and Sensor System, yaitu diaplikasikan dalam bentuk robot dengan adanya sensor-sensor tertentu yang dipasangkan.
  • Computer Vision, yaitu komputer dapat menginterpretasikan gambar atau objek-objek tertentu.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction, yaitu komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
  • Game Playing, yaitu kecerdasan buatan dapat dimasukkan ke dalam sebuah permainan.
  • Soft Computing, yaitu inovasi dalam membangun sistem cerdas yang mampu beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan dan mampu melakukan toleransi terhadap ketidaktepatan, kepastian dan kebenaran agar dapat diselesaikan dan dikendalikan dengan mudah sesuai dengan realita.


Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. 


Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.

Beberapa karakteristik dan batasan game untuk game playing :



  • Perfect Information Game

Kedua pemain sama-sama memiliki akses pada informasi yang lengkap tentang keadaan permainan, sehingga tidak ada informasi yang tertutup bagi lawan mainnya.

  • No Determined by Chances

Tidak melibatkan faktor probabilitas, misalnya dengan menggunakan dadu.

  • No Phsychological Factors

Tidak melibatkan faktor psikologi, seperti “gertakan” (misalnya Poker)

  • No Oversight Errors. Smart Opponen

Lawan diasumsikan pintar juga, jadi jangan mengharap lawan khilaf, sehingga terjadi salah langkah.









Daftar Pustaka:


Yeni, Fitri. 2014. Peran Guru Pembimbing dalam Mengatasi Dampak Negatif Games Online pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Skripsi thesis. Bab II.



Wahyupjl. 2018. Apa itu Unity 3D.

Tersedia : https://eventkampus.com/blog/detail/1474/apa-itu-unity-3d



BagusAs. 2016. Pengertian Script dalam Dunia Web dan jenisnya.

Tersedia : http://dunia-komputer.com/pengertian-script-dalam-dunia-web-dan-jenisnya/



Rifza. 2018. Pengertian Artificial Intelligence dan Contohnya dalam Kehidupan

Tersedia:https://www.robicomp.com/pengertian-artificial-intelligence-dan-contohnya-dalam-kehidupan.html



Hamdan, Rangga. 2017. Artificial Intelligence pada Game.

Tersedia : https://www.ranggahamdan.com/2017/04/18/artificial-intelligence-pada-game/



Harris, Michael C. 1963. Artificial Intelligence. Tarrytown: NY 10591


Post a Comment

0 Comments