Game Berbasis Jaringan (Tugas Softskill 3 : Pengantar Teknologi Game)



Seiring dengan perkembangan teknologi, inovasi yang terus menerus, mengakibatkan banyak muncul game komputer yang menyediakan fasilitas untuk dapat bermain dalam suatu jaringan komputer (network). Fasilitas jaringan komputer (network) memungkinkan game dapat dimainkan oleh beberapa orang sekaligus dengan menggunakan beberapa buah komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya, menyebabkan game yang menggunakan papan semakin tersisih. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi yang menggantikan game papan agar tidak tersisihkan dan terlupakan.


Game jaringan sering juga disebut multiplayer game, dapat dimainkan oleh beberapa user sekaligus dalam suatu jaringan (jaringan lokal LAN atau jaringan internet). Game jaringan sangat populer karena alasan kenyamanan ruang (space). User tidak perlu berebut pandangan dalam satu monitor dengan user lain, user dapat merancang strategi permainan di depan komputernya sendiri, tidak terbatas oleh uang. Game jaringan yang sederhana dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Visual Basic dan menggunakan komponen Winsock. Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu perangkat lunak permainan Halma yang dapat dimainkan dalam suatu jaringan komputer (network).

Contoh:

  • EMPIRE HEROES
Game Web, publisher game berbasis web yang terbaru di Indonesia meluncurkan web game pertamanya yang bernama Empire Heroes. Game ini sangat seru, para pemain dapat berpetualang menumpas para monster yang ada di sekeliling kota kita, selain itu kita juga dapat memperkuat kota dari serangan musuh.

Para pemain juga dapat bersaing dengan pemain lainnya dalam memperebutkan daerah kekuasaan mereka. Selain itu para pemain juga diuji kemampuannya untuk mengelola perekonomian dalam memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mengelola kota. Apa kalian merasa kurang kuat? Kalian bisa lho bergabung bahkan membentuk guild untuk mempertahankan daerah kekuasaanmu. Satu hal penting di dalam game online adalah dari segi komunitas, di mana para pemain dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya dalam berbagai macam bentuk.

Kelebihan lainnya di game ini, para pemain dapat memilih hero sesuai dengan yang mereka inginkan, Tidak hanya berhenti di situ, berbeda dengan game-game berbasis web sejenis, game Empire Heroes ini menyediakan 2 jenis cara untuk dapat menaikkan level hero. Yang pertama adalah dengan menyelesaikan petualangan-petualangan yang telah disediakan dengan cara masuk ke dalam kedai, di sini kamu harus memilih 1 diantara 2 petualangan yang ada, tiap-tiap petualangannya mendapatkan hadiah yang berbeda-beda.



  • Ragnarok Online

Hingga sampai saat ini Ragnarok Online masih menjadi sebuah MMORPG dengan pertempuran paling kilat, baik PVE maupun PVP. Boss monster yang disebut MVP jauh lebih mudah tewas dibanding MMORPG lain, dan sebaliknya juga jauh (benar-benar jauh) lebih mudah membunuh para pemain.

War of Emperium (WOE) adalah salah satu fitur yang hingga sekarang menjadi daya utama dari game ini, yang memungkinkan semua guild bisa berpartisipasi untuk berusaha menguasai kastil secara battle royale. Puluhan guild bisa berada dalam satu kastil dan saling berperang satu sama lain untuk menguasai emperium, sang tahta kerajaan. Ragnarok Online di Indonesia masih cukup ramai hingga sekarang dan sepengetahuan saya ini adalah MMORPG Indonesia tertua yang masih bertahan.



Pengertian Artificial Intelligent



Menurut Stuart J. Russel dan Peter Norvig, AI atau kecerdasan buatan bisa dipahami sebagai sebuah perangkat komputer yang mampu memahami lingkungan di sekitarnya, sekaligus memberikan respons yang sesuai dengan tujuan tindakannya tersebut. Dalam hal ini, Minsky memberikan pengertian yang hampir sama. Menurutnya, kecerdasan buatan adalah satu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan atau memproduksi tindakan sama seperti yang dilakukan manusia.

Melihat dua pengertian di atas, bisa disimpulkan jika Artificial Intelligence adalah satu ilmu untuk merancang, membangun, dan mengonstruksi satu mesin (komputer) atau program komputer hingga memiliki kecerdasan layaknya manusia. Kecerdasan dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengambil tindakan, atau menyelesaikan masalah layaknya manusia menggunakan kecerdasannya.
Lingkup penelitian Artificial Intelligence meliputi banyak aspek kemampuan kecerdasan manusia seperti penalaran, pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, pemrosesan bahasa alami, hingga kemampuan untuk memanipulasi objek. Akhirnya, Artificial Intelligence diharapkan bisa menjadi sebuah mesin yang benar-benar memiliki kecerdasan umum layaknya manusia.

Contoh game yang menggunakan AI :

  • Catur Jawa
Permainan catur jawa adalah permainan tradisional yang sudak laman digunakan oleh orang-orang indonesia. Permainan yang sederhana yang dimainkan oleh 2 orang secara bergantian. Dengan hanya berbekal kertas dan pensil, lalu mereka memainkan permainan ini dengan menggunakan 2 simbol, yaitu tanda X dan 0. Pada kesempatan ini, pemain bukan bermain dengan pemain lain, tetapi akan bermain dengan komputer. Komputer dengan kemampuan berpikir yang disebut kecerdasan buatan akan dibuat untuk menandingi kemampuan berpikir manusia.
  • Game PacMan
Pemanfaatan AI dalam game ini digunakan untuk mencari jalur terpendek untuk menentukan targetnya. Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu-hantu (komputer) yang menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika sang Pacman memakan bola yang bisa membuat si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman secepatnya. Tindakan seperti itu memang terlihat mudah namun pada kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatan hal tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang awam.




















Sumber:
Bayu Saputra, Agus. 2012. Pembuatan Permainan Multiplayer Halma berbasis Jaringan.
Tersedia: https://docplayer.info/36615053-Pembuatan-permainan-multiplayer-halma-berbasis-jaringan-komputer-naskah-publikasi.html

Kotakgame. Diakses pada 2019. Game Berbasis Web Rilisan Indonesia
Tersedia:https://www.kotakgame.com/feature/detail_feature/130/0/11-Game-Berbasis-Web-Rilisan-Indonesia

Wijaya, Hendy. 2014. 10 Game Online Indonesia Terbaik Pilihan Games in Asia.
Tersedia: https://id.techinasia.com/10-game-online-indonesia-terbaik-pilihan-games-asia

Rifzan. 2018. Pengertian Artificial Intelligence dan Contohnya dalam Kehidupan
Tersedia:https://www.robicomp.com/pengertian-artificial-intelligence-dan-contohnya-dalam-kehidupan.html

Post a Comment

0 Comments