Komponen Digital Cinema : IMAX Digital

Komponen Digital Cinema : IMAX Digital


IMAX (bahasa Inggris: Image Maximum) adalah sebuah proyeksi film yang memiliki kemampuan menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dari film konvensional lainnya. Standar layar IMAX adalah 22 meter lebar dan 16 meter panjang (72,6 x 52,8 kaki), namun bisa lebih besar lagi. IMAX adalah format film khusus yang sukses.IMAX adalah Proyek Standar Perfilman yang dibuat oleh perusahaan Kanada, IMAX Corporation, dan dikembangkan oleh Graeme Ferguson, Roman Kroitor, Robert Kerr, dan William C. Shaw.
Variasi dari IMAX adalah IMAX Dome (dulunya disebut OmniMax), dirancang untuk proyek kubah planetarium yang di"tilt".
Sejak 31 Desember 2013, terdapat 837 IMAX di 57 negara di seluruh dunia.
Di indonesia hingga saat ini ada 3 theater IMAX digital [XXI MKG, XXI SMS, XXI Gandaria] dan 1 theater True IMAX [Theater Keong Mas]. The Avengers telah menjadi salah satu sejarah film di Indonesia, dengan diputar di IMAX, Gandaria City, Jakarta pada hari Rabu tanggal 2 Mei 2012, juga sebagai sejarah pertamakalinya menayangkan film dalam format IMAX yang jauh lebih terlihat nyata dengan besarnya layar dan penerapan tehnologi layar lengkungnya. Juga sebagai kali pertama IMAX dapat dinikmati oleh penggemar film di Indonesia. 
Tehnologi IMAX menyajikan Crystal Clear Images, yakni tehnologi proyeksi revolusioner yang mampu menghadirkan gambar yang jernih. Ditambah dengan Digital Aligned Sound, sistem tata suara digital surround yang canggih dan kuat yang dihasilkan oleh speaker besar yang di setting dengan laser dan disesuaikan untuk setiap film yang akan dipertunjukkan dan pengaturan kualitas suara yang akan sama baiknya di semua posisi penonton duduk.

Positif
Film sangat hidup, layar besar, lebih dekat dan merasakan sensasi menonton yang berbeda dibanding dengan bioskop konvensional.
Negatif:
 Mata cepat lelah, akan lebih mudah blur apabila sudut kemiringan kepala tidak                      horizontal.


sumber:
http://kindgue.blogspot.com/2012/05/apa-itu-imax.html
https://id.wikipedia.org/wiki/IMAX

gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-AbBusxUysu9KwJOi1oXbV8qDpQ0P6HnSbWbPoq4Mb3GFl6KLK1b1uiwk4NTEznFpBo-gwH3OyaA6cltOpQC4y1tG0DlUG36TCR5pRRMl94GhiIqD1Sp16EWxj1uwRoWQ8XeLhuVHhpw/s1600/Imaxcomparison.png
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjdwN_1_KbXAhXGQo8KHavDCNMQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fwww.bangfad.com%2Fimax-3d-dan-perbedaan-imax-3d-vs-3d.html&psig=AOvVaw0R54wPyksyDhVAISLTxqqv&ust=1509955550028848


Post a Comment

0 Comments