Memahami Segitiga Exposure dalam Dunia Fotografi

Memahami Segitiga Exposure dalam Dunia Fotografi

Apa itu Segitiga Exposure? Ya bagi kalian yang baru belajar ke dunia fotografi pasti harus mengetahui Segitiga Exposure, dikarenakan ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam berfoto. Segitiga Exposure adalah suatu keadaan ketepatan cahaya kamera sesuai keinginan para photographer. Cahaya yang didapatkan tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Dan untuk dapat mendapatkan cahaya tersebut yaitu menggunakan ISO, Aperture dan Shutter Speed. Dan berikut adalah penjelasan mengenai ketiga fungsi tersebut.

  1. ISO (International Organization for Standardization).


 ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Sebelum menjadi nama ISO pada awalnya lembaga tersebut bernama IOS. Tetapi sekarang lebih sering menggunakan singkatan ISO, karena dalam bahasa Yunani isos berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.



          2.  Aperture.

 ukuran seberapa besar lubang pada lensa terbuka. Lubang ini befungsi sebagai “pintu” bagi cahaya untuk masuk kedalam sensor kamera.




           3. Shutter Speed.

shutter speed adalah rentang waktu saat shutter di kamera anda terbuka. Secara lebih mudah, shutter speed berarti waktu dimana sensor kita ‘melihat’ subyek yang akan kita foto. Gampangnya shutter speed adalah waktu antara kita memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula.





Dibawah ini adalah contoh dari pencahayaan exposure  dari exposure rendah ke tinggi. 








Sumber:

gambar:
https://kelasfotografi.files.wordpress.com/2013/08/under-over-exposed-camera.jpg?w=620


Post a Comment

0 Comments